Senin, 20 Juni 2011

contoh laporan industri

LAPORAN SURVEI LAPANGAN PRAKTEK KERJA BETON








DISUSUN OLEH:
JATMIKO NURBOWO
10505244007

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011







KATA PENGANTAR


Dengan mengucap syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek lapangan.
Penyusunan laporan praktek lapangan ini adalah salah satu materi dalam  praktek kerja beton dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa saya (penulis) telah melaksanakan dan menyelasaikan praktek lapangan di PT. KARYA BETON.
Laporan ini dapat terbuat dan di selesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Bapak Manab, selaku pembimbing dari  universitas
2. Bapak Sentot, selaku pembimbing dari instansi atau industri
3. Teman-teman pendidikan tekniksipil dan perencanaan
4. Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini sehingga selesai dengan baik
























DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL………………………………………………...i
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………….……ii
KATA PENGANTAR…………………….…………………………iii
DAFTAR ISI………………………………………………………...
BAB I : Pendahuluan
Latar Belakang…………………….………..1
Maksud dan Tujuan ……………….…...…...2

BAB II : Gambaran Umum Perusahaan/ Instansi
Tinjauan perusahaan……….............……….3
Sejarah Perusahaan …………...…....………4
Misi dan Visi Perusahaan……….….......…..
Struktur Organisasi ..…………………........

7. BAB III : Laporan Kegiatan
Pelaksanaan Kegiatan……………….......…
Hasil Kegiatan……………….................….

8. BAB IV : Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan dan Saran.........…….........…..

9. BAB V : Penutup



















BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Pembangunan infrastruktur sekarang ini sangat berkembang pesat.Oleh karena itu,diperlukan alat agar pembangunan tersebut terselesaikan sesuai waktu yang ditentukan,efisien serta dengan biaya yang terjangkau khususnya dalam bidang pembetonan.

B. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan laporan ini dibuat agar saya (penulis) memenuhi tugas lapangan yang insya Allah dengan baik tanpa kurang satu syarat pun dalam pelaksanaan tersebut, dan sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan Pratek Lapangan tanpa membuat kesalahan besar.





















BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/ INSTANSI

A.     TINJAUAN PERUSAHAAN

   PT KARYA BETON secara resmi berdiri pada tanggal 28 Januari 2000 merupakan salah satu cabang yang ada di kota Yogyakarta,dan sudah memiliki pengalaman panjang dalam praktek pembetonan.Dulunya PT KARYA BETON berada didekat RSI Yogyakarata,kemudian pindah di jalan Jogja-Solo km 12,5 Kalasan Yogyakarta. Sejak produk inimemasuki pasar Indonesia pada tahun 70-an perusahaanini segera meraih peluang untuk menjadi penyalur produk-produk khususnya dalam hal pembetonan. Perusahaan ini melihat bahwa di masa depan pembangunan akan berkembang dengan pesat. Dengan kenyataan ini justru di lihat sebagai potensi pasar terbesar yang harus segera di garap dan di olah. Beranjak dari latar belakang pemikiran inilah akhirnya PT KARYA BETON memulai usaha ini untuk meraih pangsa pasar semua golongan.

B.     SEJARAH PERUSAHAAN

      Pada tahun pertama beroperasi, PT KARYA BETON melaksanakan aktivitasnya dari sebuah gedung diatas tanah seluas 1000 m2 yang beralamat di Jl. Jogja Solo. Dari gedung bersejarah inilah para pendiri menyusun dan merancang strategi-strategi pengembangan jangka pendek sampai dengan jangka panjang. Pada gebrakan tahun pertama ini tanggapan dari masyarakat begitu luar biasa. Namun pada tahun pertama, kegiatan perusahaan membutuhkan pengorbanan penuh, tidak saja dalam bentuk materi tetapi juga tenaga, pikiran dan waktu untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen.Melimpahnya order permohonan mendorong perusahaan untuk lebih meningkatkan mutu kerja. Sedikit demi sedikit manajemen, administrasi dan strategi perusahaan mulai dibenahi, terutama dibidang pemasaran. Tenaga-tenaga operasional dididik dan dilatih baik keterampilan, pengetahuan maupun moral / mental.Keahlian kerja ditingkatan menuju efektivitas dan efisien. Upaya ini tidak sia-sia terbukti dari adanya peningkatan omzet dari waktu ke waktu. Orderan kian membengkak, bahkan kosumen rela untuk antri dalam pengajuan kredit maupun pembayaran angsuran. Selain itu saat ini PT KARYA BETON dipercaya dan menjadi yang terbaik khususnya di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Menyadari bidang bisnis ini sebagai lahan baru yang demikian cerah, maka bermunculan pula perusahaan sejenis sebagai competitor PT KARYA BETON.Hal ini sepenuhnya disadari untuk berjuang dan mempertahankan aksistensinya dengan pengembangan nilai-nilai bisnis baik budaya korporat yang baik maupun system pelayanan yang memuaskan. Seperti layaknya orang tua, kantor pusat tak henti-hentinya memperhatikan dan mengajari cara berjalan yang benar. Hal ini dimaksudkan agar jangan menyimpang dari visi dan misi perusahaan. Meski seluruh cabang diberikan porsi yang sama tidak semua cabang tumbuh sama suburnya. Berbagai program-program pendidikan dan pengembangan karier setiap karyawan secara terus menerus dilakukan. Pertemuan bulanan misalnya, perusahaan mewajibkan kepada seluruh karyawan mulai dari Office Boy sampai Direksi untuk menghadiri program ini. Tidak hanya sebatas pertemuan bulanan, setiap bagian dianjurkan jadwal pendidikan sendiri, khuhus untuk unit departemennya masing-masing yang dikoordinasi dengan Divisi pelatihan, sehingga dengan demikian seluruh karyawan dalam bagiannya dapat menambah bekal pengetahuannya sekaligus lebih menjiwai posisi jabatannya.





Semakin tinggi persaingan pasar mendorong perusahaan untuk kian mawas diri. Kesadaran untuk mengingkatkan mutu dan ifisiensi kerja berkembang. Tahun-tahun pertama perusahaan terpaksa mempraktekkan system management By authority di mana jalur keputusan seluruhnya di ambil dan di awasi langsung oleh Top Managemant. Hal ini di kaitkan dengan karyawan yang tidak sepenuhnya berpengalaman.
Kebijakan-kebijakan Direksi di Bidang Personalia tidak memberikan batasan prioritas bagi karyawan tertentu. Semua penilaian berdasarkan obyektivitas perusahaan tanpa melihat apakah karyawan dekat dengan Direksi ataupun karyawan lama. Sama sekali tak berlaku prinsip anak emas untuk mencegah timbulnya suasana kerja yang tidak sehat. Kepercayaan yang diberikan secara obyektif kepada karyawan diperkuat dengan adanya pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk program pendidikan dan perusahaan.
Program pendidikan ini berpengaruh terhadap perkembangan karier setiap karyawan yang ingin meraih jenjang karier yang lebih tinggi. Pertemuan bulanan misalnya, yang melaksanakan dari, oleh dan untuk karyawan. Tidak satu dua kali pula didatangkan penceramah / yang akan memberikan motivasi dari luar untuk membawakan materi yang jauh lebih tinggi mutu dan ruang lingkupnya. Kualitas karyawan yang terus ditambah dan ditingkatkan menjadi pondasi bagi masa depan perusahaan.
 Faktor kesejahteraan sosial bersama dalam kebijaksanaan-kebijaksanaan yang di rumuskan setiap tahun oleh pimpinan berdasarkan prestasi dan masa kerja.
Dapat di pastikan, bisnis ini  merupakan lahan yang memberikan prospek semakin cerah di Indonesia di masa yang akan datang.
Beberapa perkembangan tampaknya mendorong pula ke arah itu. Hasil industri di Indonesia jumlahnya kian melimpah menjelang perbaikan ekonomi Indonesia.PT KARYA BETON mengenalkan produk-produk mereka mrlalui relasi,ikllan,dan sebagainya.
C.    VISI DAN MISI PERUSAHAAN

PT KARYA BETON di bangun dengan tujuan menjadi perusahaan  nomor satu di Indonesia khususnya pembetonan juga dalam hal mutu dan kemampuan memperoleh laba maupun pertumbuhan Industri yang terarah.
Sasaran dasar yang paling di utamakan oleh PT KARYA BETON yaitu menjamin mutu atau kualitas agar terdapat kepuasan pada Pelanggan atau Konsumen, Pemegang Saham, Top Management dan karyawan karena dengan begitu perusahaan ini akan menjadi perusahaan yang paling baik
D. STRUKTUR ORGANISASI

Adapun struktur organisasi PT KARYA BETON Cabang Yogyakarta dapat di lihat pada gambar di bawah ini :


Kepala Cabang
Ir.  Hani Santosa

Kepala Produksi                                                                                               Kepala Logistik
Sentot  R.S                                                                                                      Iswanto


                                                      Staf Staf


BAB III
LAPORAN KEGIATAN


A. PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan yang saya lakukan selama 1 hari di instansi atau di PT KARYA BETON Cabang  Yogyakarta mulai pukul 11.30 WIB sampai 15.00 WIB, antara lain :

-Mengetahui jenis-jenis pasir dan kerikil serta perbandingannya yang digunakan dalam pembetonan -Mengukur berat kotor dan berat bersih truk yang membawa material pasir dan kerikil
-Mengetahui macam-macam perbandingan untuk pembetonan                                                                -Mengetahui tata cara memasukkan materialtersebut ke dalam slump
-Melihat tata cara menimbang material yang dipesan sebelum dicampur dengan semen di dalam s-lump 2
-Mengetahui tata cara pembuatan spesi di dalam slump 2
-Mengetahui spesi tersebut masuk kedalam truk molen                                                                                     -Mengetahui secara pasti hasil yang diperoleh slump per jam nya
-Mengetahui secara rinci daftar harga
-Mengetahui tata cara pembuatan beton,perawatan serta penbersihannya
-Mengetahui tata cara pengoperasian slump dengan komputer untuk mengetahui dan menimbang    untuk keperluan spesi
-Mengetahui batas jarak yang bisa ditempuh truk agar spesi tetap segar
-Mengetahui jenis-jenis truk untuk pengangkutan spesi juga pompa air
-Mengetahui mutu yanf baik untuk pembetonan


B. HASIL KEGIATAN
Setelah 1 hari saya mengikuti dan menyelesaikan Kegiatan Praktek Lapangan di PT KARYA BETON saya mendapat banyak ilmu baru mengenai pembetonan,alat-alat,komputerisasi slump,cara kerja alat dan bertambah pula pengalaman saya di bidang pembetonan.
Dan setelah itu saya dapat lebih memahami tentang pembetonan yang bisa digunakan untuk menunjang karir saya sebagai engineer.












BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN DAN SARAN
Dengan bertambahnya pengalaman dan ilmu saya selama mengikuti kegiatan Praktek Lapangan di PT KARYA BETON saya mengucapkan terimakasih atas ilmuyang diberikan kepada saya.Saya berharap PT KARYA BETON dapat terus berkembang serta mempertahankan mutu yang terbaik bagi konsumen sehingga akan terjadi timbal balik dan akhirnya menjadi perusahaan terbaik khususnya bidana pembetonan. 

BAB V
PENUTUP

Alhamdulillah saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena Laporan Hasil Kegiatan Praktek Lapangan ini telah selesai, dan mudah-mudahan setelah laporan ini di perbaiki terus-menerus dapat di sahkan tanpa ada lagi kesalahan yang fatal.
Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang turut membantu saya dalam menyelesaikan tugas laporan ini.
Karena saya masih dalam proses belajar saya mohon maaf atas kesalahan yang saya buat di dalam ataupun diluar laporan ini, bila ada saran atau kritik untuk kemajuan saya Insya Allah akan saya terima dengan lapang dada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar